Workshop & Simulasi Penanggulangan Bencana Gempa/Tsunami

 

(Cilegon, 05 Desember 2018) Diwilayah Banten sangat berpotensi terjadi beberapa bencana, diantaranya Gempa Bumi berpotensi Tsunami yang diakibatkan perairan selat sunda terletak diantara lempeng Indo-Australia, selain itu aktifitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang berpotensi menimbulkan bencana Gempa & Tsunami.

Bertempat di gedung sahbandar lantai 2, PT Krakatau Bandar Samudera (PT KBS) menggelar workshop & simulasi penanggulangan gempa/tsunami. Kegiatan diawali dengan Workshop bagi para karyawan/ti yang dibuka oleh Direktur Operasi PT KBS Widi Hartono, dan paparan dari Kepala BPBD Provinsi Banten,  M. Juhriyadi. Kemudian dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan Bencana yang melibatkan tim Satgas Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat (TKTD) PT KBS yang telah menyusun Prosedur Perencanaan dan Tanggap Darurat di wilayah lingkungan perusahaan.  

Dalam sambutannya Direktur Operasi PT KBS Widi Hartono mengatakan “Simulasi ini memang yang pertama diadakan, mengingat akan besarnya potensi & ancaman yang ditimbulkan dari suatu bencana. Ini juga sebagai upaya melatih kesiapsiagaan dan kecepatan respon pekerja dalam menghadapi keadaan darurat.” Ujarnya.

Sementara itu Kepala BPBD Provinsi Banten M. Juhriyadi menambahkan dalam sambutannya, “Sangat banyak sekali potensi bencana di Indonesia. Maka perlu disadari bagi setiap masyarakat bahwa setiap potensi dan ancaman dari suatu bencana haruslah ada persiapan yang dilakukan. Oleh karena itu dengan dilaksanakannya simulasi ini juga dapat dijadikan tolak ukur sejauhmana kesiapan pekerja dalam menghadapi ancaman bencana alam.” Tambahnya. 

Tujuan diselenggarakannya Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi suatu bencana dan juga untuk melatih pemahaman tugas dan tanggung jawab dari masing-masing fungsi terhadap kondisi darurat yang dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. (kbs)

 

Login Form

Username Tidak Boleh Kosong
Password Tidak Boleh Kosong
Username atau Password Salah
×