Ditengah Corona Kinerja KBS Lampaui Target, Digitalisasi Menjadi Keharusan Pada New Normal

PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) siap menghadapi kondisi new normal atau pola kerja baru di tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang masih terjadi hingga saat ini.

Sejak bulan Maret, PT KBS telah membentuk Tim Penanganan Covid-19 yang telah menyiapkan protokol kesehatan serta panduan kerja ditengah pandemi Covid-19. “Selama pandemi Covid-19, pelayanan di PT KBS tetap berjalan dengan normal dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat” kata Direktur Utama PT KBS, Alugoro Mulyowahyudi.

Alugoro menyampaikan, pada kondisi new normal, digitalisasi menjadi sebuah keharusan. “PT KBS sudah siap menyongsong new normal di segala lini pelayanan, mulai dari administrasi perkantoran internal (E-Letter) yang dapat diakses melalui smartphone hingga pelayanan terhadap stakeholder secara digital seperti proses pengadaan (procurement), pemesanan (order), maupun pembayaran” Kata Alugoro.

Digitalisasi yang diterapkan PT KBS sangat membantu jalannya operasional kepelabuhanan. “Port of Cigading Information System atau yang biasa disebut dengan istilah POCIS dapat dioperasikan dimana saja dan terintegrasi dengan System Application and Product in data processing (SAP) S/4HANA.” kata Alugoro. POCIS adalah sistem informasi administrasi berbasis IT yang merupakan aplikasi terintegrasi pelayanan online mulai dari permintaan jasa sampai pada pembayarannya.

Dengan implementasi POCIS maka integrasi pelayanan kepada pengguna jasa mulai dari front end sampai dengan back end dapat berjalan dengan online dan akurat. “Pengguna jasa secara real time dapat mengetahui dan memonitor pergerakan atau progress dari pelayanan jasa terkait dengan kapal, barang, kendaraan dan jasa lain yang terkait dengan kegiatan kepelabuhanan dan logistic servicedi PT KBS” ujar Alugoro.

Dalam menghadapi kondisi new normal, PT KBS membuat berbagai kebijakan terhadap pelanggan seperti masa sewa lahan atau gudang yang dapat dilakukan secara harian dengan flexible pricing hingga customer visit secara digital. “Kami terus melakukan inovasi pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan” kata Alugoro.

Selain itu, selama masa pandemi Covid-19, perusahaan secara rutin melakukan Briefing Direksi dan Visual Planning melalui konferensi video untuk memastikan target perusahaan dapat tercapai. Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi SDM, perusahaan melakukan seminar secara online (Webinar) dengan para pakar/ahli di bidangnya masing-masing.

Dari sisi kinerja, PT KBS mencatat kinerja yang positif pada Kuartal 1 2020. Pendapatan PT KBS mencapai 116,78% dari target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan tahun 2020 (RKAP). Sedangkan laba bersih mencapai 117,07% dari target RKAP. “Tidak ada aktivitas bongkar muat yang terhenti. Pelayanan di pelabuhan masih tetap 24 jam dan 7 hari dalam seminggu selama Pandemi Covid-19 ini dengan protokol yang telah ditetapkan” kata Alugoro.

Login Form

Username Tidak Boleh Kosong
Password Tidak Boleh Kosong
Username atau Password Salah
×