Kehadiran Infrastruktur Jalan di Pelabuhan Sangat Penting

Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), Akbar Djohan menyampaikan bahwa kehadiran infrastruktur yang mendukung aksesibilitas arus perjalanan dari dan ke pelabuhan adalah sangat penting. Karena infrastruktur tersebut dapat mengurangi beban jalan, baik dalam hal biaya dan waktu perjalanan. “Kemudahan dalam akses logistik tentunya akan mempengaruhi harga barang yang didistribusikan, yakni menjadi lebih murah. Dengan harga barang yang menjadi lebih murah, tentunya permintaan barang tersebut akan semakin meningkat, dan ini sangat menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujar Akbardalam  keterangannya di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Akbar Djohan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia menyampaikan bahwa hingga saat ini PT. Krakatau Bandar Samudera yang mengelola curah kering terbesar di Indonesia terus berupaya untuk mengoptimalkan persiapan segala infrastruktur jalur logistik di Pulau Jawa agar efektivitas dalam pendistribusian logistik dapat diraih dengan sangat baik. "Alhamdulillah setelah mendapatkan dukungan dari Kemenkomarves, kami juga menjalin kolaborasi dengan Indonesian National Shipowners' Association (INSA), Pelindo III dan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) untuk bekerjasama dalam upaya pembangunan jalur distribusi logistik dan arus kegiatan transportasi moda laut yang efektif dan efisien.

Kami yakin dapat terus berupaya untuk menjadi perusahaan jasa kepelabuhan yang kompeten dan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia," lanjutnya. Selain berfokus pada distribusi logistik melalui sektor maritim laut, Akbar menyampaikan bahwa akses kereta api juga menjadi salah satu supporting utama PT. Krakatau Bandar Samudera yang akan membuat konektivitas kendaraan barang dengan rute Cilegon-Tanjung Priouk dan Cilegon-Jawa Tengah atau Jawa Timur semakin cepat dan efisien.

"Kami juga telah menjalin kerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) untuk bersama menyiapkan infrastruktur terintegrasi untuk mengoptimalkan rel dan gerbong yang mengangkut logistik baik rute Pelabuhan Tanjung Priok-Jakarta Internasional Container Terminal (JITC) maupun Surabaya. Sehingga harapannya terjadi efisiensi dalam ongkos kirim dan pemulihan ekonomi ekonomi dapat berjalan lebih cepat," tutup Akbar.

Login Form

Username Tidak Boleh Kosong
Password Tidak Boleh Kosong
Username atau Password Salah
×